wdcfawqafwef

Apakah Aman Membagikan 12 Digit Nomor Kartu Debit BCA?

Apakah Aman Membagikan 12 Digit Nomor Kartu Debit BCA?
Kartu Debit BCA

Pertanyaan:
Saya terlanjur membagikan 12 digit nomor Kartu Debit BCA beserta tanggal masa berlaku. Apakah ini aman atau nanti bisa dibobol?

Jawaban:
Kartu Debit BCA yang lebih dikenal dengan sebutan kartu ATM BCA adalah fasilitas diperuntukkan bagi nasabah Bank BCA bisa digunakan untuk aktivitas transaksi secara personal umumnya di mesin ATM dan mesin EDC. Bahkan kini Kartu Debit BCA berlogo MasterCard bisa dimanfaatkan untuk pembayaran transaksi online dengan mengaktifkannya terlebih dahulu melalui aplikasi BCA mobile.

Masing-masing kartu debit BCA sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis dimulai dari wajib menggunakan kode PIN transaksi di mesin ATM dan mesin EDC sedangkan transaksi online juga wajib input kode keamanan berupa kode OTP yang dikirim dalam bentuk SMS ke nomor telepon terdaftar di rekening.

Menanggapi pertanyaan di atas nasabah yang sudah terlanjur membagikan 12 digit nomor Kartu Debit BCA beserta tanggal masa berlaku hal ini patut diwaspadai. Meskipun sebagian besar transaksi online mewajibkan input semua data kartu debit sampai 3 digit kode keamanan CVV/CVC2 dan verifikasi kode OTP, tetapi ada beberapa website e-Commerce yang belum menerapkan sistem keamanan tersebut.

Langkah awal di sini yang perlu dilakukan nasabah adalah pemblokiran sementara terhadap Kartu Debit BCA tersebut selanjutnya bisa ganti dengan kartu debit baru pembuatan bisa dilakukan di seluruh jaringan kantor cabang ataupun kantor cabang pembantu Bank BCA terdekat.

Baca juga: Kartu ATM Tertelan m-Banking BCA Tidak Bisa Digunakan

Untuk keamanan rekening nasabah dihimbau tidak membagikan data-data rahasia kepada pihak manapun termasuk yang mengatasnamakan Bank BCA karena data tersebut bersifat personal.



0 Response to "Apakah Aman Membagikan 12 Digit Nomor Kartu Debit BCA?"

Posting Komentar

Hati-hati apabila ada yang membagikan nomor call center, email, WhatsApp, dan kontak Bank BCA lainnya di kolom komentar. Kontak resmi kunjungi www.bca.co.id